News Page

MENGGALI KEDALAMAN SISTEM KERETA CEPAT: Kunjungan ke Depo dan Stasiun Kereta Cepat Bandung-Jakarta

Penulis : Prodi Transportasi ULBI

19 March 2024

Prodi Transpotasi Jurusan Kuliah Terbaik di ULBI
Pada Selasa, 22 Agustus 2023, mahasiswa dan dosen Doktoral KK Rekayasa Transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) bergabung dalam kunjungan yang menggairahkan ke Depo dan Stasiun Kereta Cepat Bandung-Jakarta. Di tengah euforia penelitian dan eksplorasi, mahasiswa Prodi S1 Manajemen Transportasi, Angel Gabriela Sinaga, membagikan hasil kunjungannya sebagai berikut:


"Halo teman-teman, izinkan aku berbagi sedikit informasi setelah kami berkunjung ke Depo Tegal Luar dan Stasiun Kereta Cepat Tegal Luar.

  • Depo Tegal Luar: Sebagai rumah bagi Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Depo Tegal Luar berperan penting sebagai tempat perbaikan dan pemeliharaan kereta cepat. Di sini, terdapat 12 rangkaian kereta cepat, di mana 11 rangkaian digunakan untuk penumpang (berwarna merah) dan 1 rangkaian digunakan untuk inspeksi (berwarna kuning). Fasilitas kereta mencakup kelas VIP, Bisnis, dan Ekonomi Premium, dengan 8 kereta per rangkaian. Untuk kursi penumpang ekonomi premium, tersedia 550 tempat duduk.
  • Stasiun Tegal Luar: Sebagai gerbang utama bagi para penumpang, Stasiun Tegal Luar menampilkan kemegahan yang luar biasa. Fasilitasnya mencakup ruang tunggu yang luas dan nyaman, loket dan vending machine, lift, eskalator, loker, toilet, serta aksesibilitas bagi semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas, lansia, orang tua dengan bayi, dan orang yang sedang sakit. Stasiun ini dilengkapi dengan layanan sinar X, memberikan pengalaman seolah-olah berada di bandara.

Akses menuju Stasiun Kereta Cepat akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi lainnya. Di Stasiun Tegal Luar, tersedia layanan shuttle bus menuju Stasiun Cimekar yang terintegrasi dengan layanan Commuter Line Bandung Raya dan Commuter Line Garut. Selain itu, terdapat pula layanan BRT Trans Metro Pasundan, Damri, serta taksi konvensional dan online.


Jika kalian tertarik untuk mengikuti uji coba Kereta Cepat Indonesia China pada bulan September mendatang, silakan mendaftarkan diri kalian. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui akun Instagram resmi KCIC. Mari bersama-sama menjelajahi masa depan transportasi yang lebih efisien dan terintegrasi."


Terima kasih kepada Angel Gabriela Sinaga dan seluruh peserta kunjungan atas kontribusinya dalam membagikan wawasan yang berharga. Semoga kunjungan ini menjadi langkah awal menuju masa depan transportasi yang lebih baik.
Berita | MENGGALI KEDALAMAN SISTEM KERETA CEPAT: Kunjungan ke Depo dan Stasiun Kereta Cepat Bandung-Jakarta